Mengirim Huruf Tebal, Miring, Berlebar Tetap, dan Tautan di Telegram

Telegram menyadari bahwa komunikasi melalui sarana perpesanan (messaging media) zaman sekarang dirasa tidak cukup dengan teks semata, karenanya mereka menyediakan fitur-fitur tambahan agar penggunanya lebih mampu mengekspresikan perasaannya ke dalam pesan.
Fitur-fitur tersebut di antaranya emoji, stiker, GIF, video, audio, dan teks dengan bentuk tebal, miring, dan monospace.

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana kita mengirim pesan berbentuk tebal, miring, monospace, dan tautan. Meski kesannya sederhana, hal ini sering ditanyakan mereka yang baru menggunakan Telegram. AFAIK, Telegram merupakan pelopor penggunaan formatted text di kancah mobile messaging. Sekarang, hampir semua mobile messenger telah mampu mengirim formatted message, meski caranya berbeda antara satu messenger dengan messenger lainnya. Wajar jika mereka yang sebelumnya akrab dengan cara mengirim formatted message di WhatsApp merasa bingung bagaimana cara mengirim pesan yang sama di Telegram. Terlebih, Telegram merupakan sarana perpesanan multi platform yang memiliki banyak client yang di antaranya memiliki kemampuan berbeda.

Dalam Telegram, format teks yang bisa dikirim adalah tebal, miring, karakter berlebar tetap (monospace), dan tautan. Meski demikian, hanya bot yang bisa mengirim teks dengan format tautan.
Satu yang mesti dicamkan, format teks hanya berlaku pada postingan teks, tidak bisa untuk caption pada berkas multimedia.

Berikut di bawah ini akan diuraikan tata cara mengirimkan teks dalam bentuk tebal, miring dan monospace.

Mengirim huruf tebal

Semua pengguna Telegram bisa mengirimkan karakter berbentuk tebal (bold). Caranya dengan mengapit karakter yang hendak ditebalkan menggunakan empat karakter bintang/asterisk (*), dua di awal karakter, dan dua di akhir karakter.
Contoh:
Untuk mengirim kalimat "Ini tebal" dalam bentuk tebal, ketik: Ini tebal
Dan hasilnya akan tampak sebagai: Ini tebal

Mengirim huruf miring

Semua pengguna Telegram bisa mengirimkan karakter berbentuk miring (italic). Caranya dengan mengapit karakter yang hendak dimiringkan menggunakan empat karakter garis bawah/underscore (_), dua di awal karakter, dan dua di akhir karakter.
Contoh:
Untuk mengirim kalimat "Ini huruf miring" dalam bentuk miring, ketik: Ini huruf miring
Dan hasilnya akan tampak sebagai: Ini huruf miring

Mengirim huruf berlebar tetap (monospace)

Karakter berlebar tetap biasa digunakan untuk menampilkan kode program.
Semua pengguna bisa mengirim karakter berlebar tetap. Ada dua cara untuk mengirimkannya:

  1. Mengirim huruf berlebar tetap sejajar baris/kalimat
    Caranya dengan mengapit karakter yang hendak dibuat berlebar tetap menggunakan dua karakter backtick (`), satu di awal karakter, dan satu di akhir karakter.
    Contoh:
    Untuk mengirim kalimat "Ini huruf berlebar tetap" di mana kata "berlebar tetap" dalam bentuk monospace dalam baris, ketik: Ini huruf `berlebar tetap`
    Dan hasilnya akan tampak sebagai: Ini huruf berlebar tetap
  2. Mengirim huruf berlebar tetap dalam bentuk blok.
    Caranya dengan mengapit karakter yang hendak dibuat berlebar tetap menggunakan enam karakter backtick (`), tiga di awal blok, dan tiga di akhir blok.
    Contoh:

    ```
    if (this) {
      do (that)
    } else {
      do (whatever)
    }
    ```

    Hasilnya akan tampak sebagai:

    if (this) {
      do (that)
    } else {
      do (whatever)
    }
    

Mengirim huruf berbentuk tautan

Ini hanya bisa dilakukan oleh bot. Jika pengguna biasa ingin mengirimkan tautan, dia bisa menggunakan bot khusus untuk ini.
Anda bisa mencoba @parsebot yang saya buat sebagai demo untuk artikel “Membuat Bot Inline Telegram”.

Sebagai tambahan, selain menggunakan Markdown, bot bisa mengirim pesan tebal, miring, monospace, dan tautan menggunakan tag HTML.
Untuk lebih jelas, silakan rujuk laman https://core.telegram.org/bots/api#formatting-options.