Bahasa Indonesia Untuk Telegram di Android

Artikel ini kini hanya difungsikan sebagai arsip karena Bahasa Indonesia telah resmi masuk ke Telegram Android mulai versi 4.4.
Untuk mengubah ke Bahasa Indonesia, klik tombol menu ➜ SettingsLanguageBahasa Indonesia.

Sementara hingga kini, Telegram belum mendukung bahasa Indonesia secara resmi. Upaya untuk mengalih-bahasakan Telegram ke dalam bahasa Indonesia memang tengah berjalan, namun kapan hasilnya disertakan secara resmi dalam piranti lunak Telegram belum ada kejelasan.

Saya pribadi tidak terlalu suka menggunakan bahasa Indonesia dalam antar-muka perangkat lunak. Bukan hanya faktor rasa, namun juga teknis. Maklum, banyak kata bahasa Indonesia atau bahasa dari daerah di Indonesia yang seakan dipaksakan sebagai padanan dari kata asing istilah teknologi informasi.
Namun bagi Anda yang memang lebih nyaman menggunakan Telegram jika berbahasa Indonesia, jangan khawatir, Anda tidak perlu untuk menunggu hingga telegram mendukung resmi bahasa Indonesia di aplikasinya. Sekarang pun kita bisa menggunakannya, walau sementara hanya untuk client Telegram di Android.

Penerjemahan Telegram berlangsung di https://www.transifex.com/telegram/telegram, dan siapapun bisa menjadi sukarelawan penerjemah dengan terlebih dahulu mendaftar sesuai panduan di https://core.telegram.org/translating_telegram.
Lalu bagaimana saya bisa mendapatkan berkas terjemah bahasa Indonesianya? Saya enggan menjadi penerjemah, juga tidak punya akun Transifex?
Anda beruntung! Ada sebuah bot yang menyediakan beragam berkas terjemah bahasa untuk telegram Android.
Berikut cara kita mendapatkan berkas terjemah bahasa Indonesia dari bot tersebut dan menerapkannya ke dalam Telegram Android.

  • Buka aplikasi Telegram dan ketikkan nama botnya; @langbot

    Mengunduh berkas Indonesian.xml dari bot

  • Klik tombol START
  • Tekan tombol Bahasa Indonesia
  • Tekan tombol Telegram Android, dan bot pun akan mengirimkan sebuah berkas bernama Indonesian.xml

    Menerapkan Indonesian.xml ke dalam Telegram Android

  • Tekan tiga titik disamping nama Indonesian.xml, tepat di pojok kanan atas.
  • Pada menu yang kemudian muncul, pilih Apply localization file.
  • Profit! Kini antar-muka Telegram Android Anda telah dalam bahasa Indonesia.

Jika karena satu dan lain hal ingin beralih lagi ke lain bahasa, bisa dengan cara biasa melalui Settings ➜ Language.