(Mencoba) Menghentikan Terpotongnya Pulsa Indosat

Ini entah yang ke berapa kali pulsa Indosat Mentari saya raib tanpa sebab. Dulu pernah mengalami kejadian yang sama dan bahkan sampai menghubungi contact center Indosat karena telah kehabisan cara untuk menghentikan pencurian pulsa ini. Saya katakan pencurian karena kehilangan pulsa ini terjadi tanpa interaksi saya sama sekali. Tidak ada yang namanya membalas SMS atau REG anu, tapi tiba-tiba nomor telah terdaftar layanan tertentu atau dinyatakan telah membeli game tertentu.

Kali ini pun sama. Pulsa tiba-tiba sudah 0 rupiah. Nominal awalnya saya kurang ingat, yang pasti di atas 20 ribu. Kartu ini saya khususkan sebagai kartu data dan telah berlangganan paket data, jadi saya pastikan tidak ada pemakaian lain. Terlebih karena kartu diletakkan dalam slot SIM laptop, jadi tidak bisa digunakan untuk regular voice.
Nah, karena letaknya dalam laptop inilah jadi kurang terperiksa, paling hanya saya isi pulsa sekadar agar paket data bisa diperpanjang otomatis. Selain itu, modem internal yang dipakai juga tidak mendukung USSD, jadi kalau perlu memeriksa sesuatu paling hanya bisa melalui SMS. Sementara tidak semua layanan Indosat bisa melalui SMS, atau mungkin bisa namun saya saja yang kurang tahu.

Baiklah, setelah bertanya-tanya di dunia maya, disarankan tiga cara untuk menghadapi misteri raibnya pulsa ini:

  1. Menghubungi nomor 726, baik melalui SMS atau USSD.
    Setelah dicoba mengirim SMS dengan isi pesan STATUS ke nomor 726 menggunakan aplikasi modem-manager-gui, ternyata tidak kunjung mendapat balasan.
    Karena modem internal tidak bisa USSD, dengan terpaksa membuka baterai laptop demi sementara memindahkan SIM ke handphone dan menjalankan perintah USSD dari handphone.
    Ketik *726# kemudian tekan tombol panggilan. Kali ini pun nasibnya sama, tiada balasan.
    Mari kita coba cara kedua.
  2. Ketikkan *123*44# kemudian tekan tombol panggilan.
    Nah, sekarang ada balasannya, saya kirim pilihan untuk menghentikan semua layanan. Kita tunggu saja.

    Pesan balasan ketika kita mengirim *123*44# melalui USSD

  3. Cara ketiga adalah dengan menghubungi Contact Center Indosat di nomor 100. Panggilan ini berbayar Rp.400/panggilan.
    Mungkin akan saya lakukan jika cara *123*44# di atas tidak berhasil.

Demikianlah. Semoga tidak harus sampai menelpon contact center-nya.