Virtual Disc Burner di Windows 7

Kian hari kepingan optik (CD/DVD) kian tersisihkan oleh media penyimpanan solid state. USB flash disk kini yang jamak digunakan untuk pertukaran berkas secara fisik, atau bagi mereka yang memiliki sambungan internet yang kencang umumnya berbagi data dengan cara mengunggah data ke layanan penyimpanan (cloud storage) untuk kemudian bisa diunduh oleh siapa yang memiliki tautan ke berkas tersebut.

Menilik tren demikian, kini banyak pabrikan komputer jinjing yang meniadakan kandar optik pada banyak produk barunya. Kiat ini memberi kelebihan harga lebih murah, desain tipis dan bobot ringan.
Laptop saya pribadi pun kini kandar optiknya telah digantikan caddy, sebuah alat untuk memungkinkan hard disk drive dipasang menggantikan kandar optik.

Tentu saja tidak ada obat untuk segala penyakit. Hilangnya kandar optik yang hanya bekerja sebagai pembaca (CD/DVD reader) tidak akan terlalu terasa, atau mungkin tidak terasa sama sekali karena sekarang banyak yang mempertukarkan data langsung melalui USB flash disk atau internet, bahkan dalam bentuk ISO yang semestinya burned ke dalam keping optik.
Namun kehilangan CD/DVD burner akan lebih terasa karena kadang kala, meski mungkin sangat jarang, kita perlu untuk burning data semacam Linux LiveCD/DVD ke kepingan optik.
Selain itu ada beberapa aplikasi yang memaksa output-nya harus ke optical burner, tidak bisa lain.

Artikel ini terilhami oleh proses pembuatan system repair disc di Windows 7 yang keluarannya mesti melalui optical burner, tidak bisa ke berkas.

Create system repair disc error window

Sekilas mencari di dunia maya, tidak banyak piranti lunak yang menawarkan kemampuan virtual optical burner, kebanyakan hanya sekedar virtual optical reader.
Dari sekian lama mencari, saya menemukan satu yang lumayan bisa diandalkan.

Memperkenalkan Total Mounter, sebuah perangkat lunak untuk mengemulasikan CD/DVD-ROM/RW/RAM.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung kunjungi http://www.kernsafe.com. Di sini saya hanya akan mencontohkan bagaimana pemasangan Total Mounter untuk memungkinkan kita membuat berkas citra repair CD untuk Windows 7.

  • Unduh Total Mounter dari http://www.kernsafe.com/product/totalmounter.aspx.
  • Pasang seperti biasa, kemudian jalankan.

    TotalMounter window

  • Buat sebuah Virtual CD/DVD-RW.

    TotalMounter drive properties window

    Karena di sini kita hanya akan membuat CD repair, maka pada radio button Disc Type cukup pilih CD.
    Jangan bingung dengan Size in MBs. Berkas citra hanya akan berukuran sebesar yang ditentukan oleh perangkat lunak yang melakukan burning. Jadi, walau kita menentukan ukuran 670MB, namun system repair CD hanya akan membuat citra berukuran sekitar 140MB.
    Tentukan juga File Path tempat di mana berkas citra hasil "burning" akan disimpan.

  • That’s it. Jalankan piranti lunak yang memerlukan optical burner, niscaya sekarang akan menemukan kandar yang dapat digunakan.

    Create system repair disc successfully create repair disc using virtual burner