Mudah Menata Paket di Windows Menggunakan Chocolatey

Meski dalam keseharian berkomputasi saya telah dicukupkan di lingkungan Linux, namun sering kali diperlukan juga untuk menggunakan Windows. Sedemikian jarangnya menggunakan Windows, menjadikan saya merasa gagap dalam menggunakannya. Bukan gagap dalam arti kagok atau lupa dalam penggunaan, namun lebih ke merasa tidak nyaman karena beda tampilan, aplikasi, navigasi dan cara penggunaan.

Salah satu yang dirasa merepotkan di Windows adalah proses pemasangan perangkat lunak. Kalimat tadi mungkin terbaca agak aneh mengingat Windows jamak dipuja sebagai sistem operasi yang paling gampang dalam urusan pemasangan perangkat lunak.
Memasang perangkat lunak di Windows memang semudah klak-klik tombol. Namun kemudahan ini berbalik 180 derajat jika kita perlu memasang banyak aplikasi, terlebih banyak installer yang menyisipkan pilihan untuk menyusupkan software tertentu.
Keruwetan lainnya adalah tidak adanya sumber terpusat yang terpercaya untuk mengunduh perangkat lunak yang dibutuhkan. Kita mesti berkunjung ke laman sana untuk mengunduh itu, dan berkunjung ke laman sini untuk mengunduh ini.

Telah ada beberapa pihak yang mencoba menjawab kedua persoalan di atas. Yang paling saya ingat sih ninite.com. Dengan menggunakan ninite kita bisa memasang banyak perangkat lunak dengan mudah. Namun bagi saya ninite dirasa kurang memuaskan, di antaranya karena pilihan perangkat lunak yang bisa dipasang melalui ninite adalah terbatas dan beberapa fitur hanya tersedia pada versi berbayar.

Nah, selain ninite, kali ini saya berkesempatan menjajal chocolatey. Sebenarnya telah lama mengetahui perihal chocolatey namun baru kali ini terbersit keinginan untuk mencobanya.
Dan sekilas saya coba, kinerjanya lumayan cocok dengan harapan. Pilihan perangkat lunak yang bisa dipasang melalui chocolatey lumayan banyak, meski beberapa yang saya cari ternyata versinya agak tertinggal. Dan yang menyenangkan, chocolatey memiliki sintaks yang mirip dengan apt/aptitude. Misal untuk memasang perangkat lunak perintahnya adalah install, untuk membuang pernagkat lunak yang terpasang menggunakan chocolatey perintahnya adalah uninstall, untuk mengetahui informasi tentang perangkat lunak yang tersedia dalam repositori chocolatey perintahnya adalah info, dan perintah lainnya yang bisa dilihat setelah menjalankan chocolatey -?.

Bagaimana? Anda tertarik memasang chocolatey?
Di bawah ini saya akan sajikan cara singkat untuk memasang chocolatey, jika menginginkan cara yang lebih terperinci silakan kunjungi laman https://chocolatey.org/install.

  • Chocolatey dapat dipasang mulai pada Windows 7 / Windows Server 2003 dan versi-versi Windows lebih anyar. Selain itu juga memerlukan PowerShell minimal v2 dan .NET Framework minimal v4.
  • Jika persyaratan di atas telah terpenuhi, kini saatnya memasang chocolatey.
    Hidupkan sambungan internet, karena kita perlu untuk mengunduh chocolatey langsung dari chocolatey.org.
  • Jalankan Command Prompt sebagai administrator (administrative shell) dan salin perintah berikut kemudian tekan ENTER.

    @"%SystemRoot%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\powershell.exe" -NoProfile -ExecutionPolicy Bypass -Command "iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))" && SET "PATH=%PATH%;%ALLUSERSPROFILE%\chocolatey\bin"  
    

    Tunggu beberapa saat hingga pemasangan chocolatey selesai.

  • That’s it, chocolatey siap digunakan. Jalankan perintah chocolatey -? untuk merujuk perintah apa saja yang bisa dijalankan.

    Tampilan chocolatey ketika dijalankan