Menggunakan Google Search, Google Site Search, dan Google News dari Dalam Terminal


Kadang ketika kita sedang menggunakan terminal, ada yang perlu dicari dari interweb. Apa yang kemudian Anda lakukan? Tentunya membuka peramban web dan mencari di kolom pencari atau situs search engine. Lumayan ribed kan?
Jangan khawatir, sebenarnya kita tidak perlu meninggalkan terminal hanya sekadar mencari di Google. Did I mention Google? Ya, cara ini sayangnya hanya untuk mesin pencari dari Google.

Bagi Anda pengguna Linux yang sudah gaek, mungkin tools semacam ini tidak aneh karena sejak tahun 2000 telah ada Surfraw buatan Julian Assange, si pendiri WikiLeaks. Namun sayangnya surfraw kini tidak banyak mendapatkan pembaharuan, rilis stabil terhenti di tahun 2013.

OK, lalu bagaimana kita bisa mencari di Google Search, Google Site Search, atau Google News langsung di dalam terminal? Tentunya tanpa harus membuka peramban berbasis teks.
Memperkenalkan googler, sebuah perkakas untuk googling langsung dari dalam terminal.
Setelah hasil pencarian didapat, sayangnya kita masih harus membuka peramban. Bukan masalah sih, karena kita bisa selalu menentukan peramban default untuk membuka hasil pencarian googler ini.
Uniknya, googler juga bisa menampilkan hasil pencarian dalam bentuk JSON. Talks about the possibility.

Dan asyiknya, googler ini telah dikemas ke dalam beberapa paket distro yang umum seperti Arch, Debian, dan Ubuntu. Jadi kita tidak perlu repot cloning repo di GitHub.
Berhubung saya sedang menggunakan Debian, maka dalam artikel kali ini hanya akan ditunjukkan cara pemasangan googler dalam Debian Sid. Bagi pengguna distro lain, atau bahkan sistem operasi lain, bisa merujuk repo googler di GitHub.
Did I mention another operating system? Yep, google adalah skrip python yang bisa dijalankan di banyak platform, diantaranya Mac OS dan Windows.

Berikut bagaimana memasang googler di Debian Sid:

sudo aptitude install googler

That's it?
Yes, that's it.

Penggunaan googler pun sesederhana pemasangannya. Cukup googler [kata-kunci]. Jika masih ada tata cara penggunaan yang kurang jelas, selalu ada manpage, atau cukup google -h untuk menampilkan bantuan singkat.

Berikut contoh singkat penggunaan googler:

  • Mencari "merbot telegram bot".
  • googler merbot telegram bot
    
  • Hanya tampilkan 5 hasil pencarian (default 10).
  • googler -n 5 tdcli.lua
    
    Tampilan googler yang dijalankan di terminal

  • Buka hasil pencarian di peramban web dengan mengetikkan karakter di depan entri hasil pencarian googler, misal 1 atau 1a kemudian ENTER.
  • Keluar dari googler dengan mengetik q atau menekan tombol ENTER dua kali berturut-turut.

O ya, pengembang googler juga memiliki repo perkakas untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari DuckDuckGo dari dalam terminal, silakan kunjungi laman https://github.com/jarun/ddgr. Saya sendiri malas untuk mencobanya karena tidak ada dalam repo dan update terakhirnya pada 6 bulan yang lalu.

No comments:

Post a Comment

Back to Top