Memasang adb di Termux

Walau tidak terjangkau layanan internet kabel, saya latah membeli STB (set top box) FiberHome HG680-P dengan niat sekedar mencicipi Android TV.
Memilih HG680-P karena harganya yang relatif murah, bahkan untuk lebih menekan harga saya memilih yang masih virgin bawaan IndiHome alias belum unlocked ataupun rooted.

Unlocking sih relatif mudah, namun untuk berbagi berkas dari dan ke STB ini terasa minim pilihan yakni menggunakan kartu micro SD dan atau adb via wifi komputer.
Beda halnya dengan telepon genggam yang memiliki koneksi micro USB yang umum digunakan berbagi berkas, di STB ini hanya tersedia dua buah USB A. Walau telah mencentang pilihan MTP dan menggunakan kabel USB A ke USB A nyatanya saya tidak kunjung berhasil berbagi berkas menggunakan kabel dari laptop ke STB ini.

Agar tidak selalu menghidupkan komputer untuk berbagi berkas dengan STB, timbul niat agar telepon genggam yang hampir selalu berada dalam genggaman juga bisa berbagi berkas dengan STB. Bagaimana caranya? Dengan memasang adb untuk lingkungan Termux. Here’s how….

  • Buka Termux. Jika belum terpasang, bisa diunduh dari Google Play atau F-Droid.

  • Mutakhirkan database paket dan paket-paket yang terpasang dalam Termux.

apt update
  • Pasang wget.
apt install wget
  • Unduh skrip untuk memasang adb di lingkungan Termux.
wget https://github.com/MasterDevX/Termux-ADB/raw/master/InstallTools.sh
  • Jalankan skrip tersebut.
bash InstallTools.sh

Demikianlah. Pastikan STB dan telepon genggam berada dalam satu jaringan wifi, maka telepon genggam akan bisa melakukan sambungan ke STB menggunakan adb.
Untuk berbagi satu-dua berkas terasa cukup memuaskan, tapi untuk berbagi berkas secara massal memang terasa sangat lambat. Lumayan lah….